Penanaman pohon(Comserv report)

KELOMPOK 6&7

  1. Rahman bramantya
  2. Andrew Abednego
  3. Johannes Topan
  4. Johanna alda
  5. Brandon putra
  6. Leonardo Owen
  7. Shidiq Febrianto
  8. Aulia irham
  9. Abbisena gania oktava

Pendahuluan

 

Latar Belakang

 

Global warming adalah pemanasan bumi yang disebabkan oleh lapisan ozon yang mulai menipis dan terkikis sehingga sinar matahari langsung memancar menuju ke bumi tanpa adanya penyaringan dari lapisan ozon. Lapisan ozon ini terkikis dan mulai rusak karena kekurangan oksigen. Kekurangan ini disebabkan oleh banyaknya asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan , Freon atau CFC dari Air Conditioner, dan sedikitnya tumbuhan hijau.

Sejak ditemukan isu Global Warming pada tahun-tahun lalu Indonesia mulai dilirik oleh negara-negara lain untuk memulai penghijauan, hal ini terjadi karena Indonesia sering kali disebut sebagai paru-paru dunia. Disebut demikian karena Indonesia memberikan pasokan oksigen yang besar bagi bumi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terbesar di dunia, hanya saja Sumber daya manusia Indonesia belum cukup baik dalam mengatasi kerusakan alam ini seperti penebangan liar, pembakaran dan pembabatan lahan, menyebabkan hutan menjadi gundul dan pada akhirnya tanah tersebut tidak bisa ditanam. Permasalahan ini juga didukung oleh kurangnya kesadaran warga Indonesia akan pentingnya penghijauan di Indonesia.

 

Masalah dan Solusi

Permasalahan yang paling mendasar adalah ketidakpedulian masyarakat akan pentingnya penghijauan dan kurangnya perhatian pemerintah pada penghijauan. Dua masalah ini sangat berkaitan karena apabila masyarakat sadar akan pentingnya penghijauan tetapi pemerintah tidak peduli maka hasilnya sama saja dan sebaliknya. Di era teknologi, banyak dari masyarakat yang sangat tidak peduli dengan lingkungan, mereka lebih memikirkan dirinya sendiri dibandingkan lingkungan sehingga memunculkan masalah yang semakin mendalam. Oleh sebab itu kami sebagai mahasiswa/i Bina Nusantara ingin melakukan penanaman pohon agar memacu masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon.

Setelah melakukan observasi di area sekitar Bina Nusantara, kami mendapatkan tempat yang cocok yakni di Kelurahan Palmerah, lebih tepatnya di depan SMK 13. Tempat tersebut cukup gersang sehingga membuat hati kami tergerak melakukan penanaman di area depan SMK 13.

 

Metode Kegiatan

 

Dalam melakukan kegiatan ini, kami meminta beberapa pihak dalam menjalankan kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik. Sebelumnya, kami membagi-bagi tugas ke dua bagian yakni survey dan laporan. Bagian survey ini akan bertugas untuk mencari tempat dan melakukan kontak dengan pihak kelurahan sehingga saat bagian pembuatan laporan telah selesai, kami sudah mendapatkan tempat untuk kami ajukan proposal.

 

Pada tanggal 28 Februari 2017, bagian survey telah mendapatkan tempat untuk kami melakukan kegiatan penanaman ini. Sehingga hari itu, kami melakukan rapat dan membicarakan seluruh faktor yang mendukung kegiatan tersebut, seperti jenis pohon, biaya , proposal dsb. Dalam melaksanakan kegiatan ini kami melakukan di kelurahan Palmerah untuk proses perijinan dan hal lain yang berkaitan dengan tanda tangan.

 

Setelah melakukan pertemuan dan proses perijinan, kami akan menanam pohon sejumlah 16 buah pohon dan akan melakukan perawatan selama 5 kali pertemuan. Persiapan sampai dengan pelaksanaan kami melakukan hubungan dengan pihak Character Building Development Centre Universitas Bina Nusantara dan dosen Character Building, tak luput juga ibu Sakira selaku pemberi ijin kami dalam melakukan kegiatan menanam.

 

Teori dan Konsep

 

Pentingnya Menanam Pohon

Menanam pohon adalah suatu hal yang seharusnya dilakukan oleh umat manusia demi terciptanya kelangsungan hidup manusia. Selain menciptakan lingkungan yang lebih asri menanam pohon juga membuktikan bahwa kita mencintai mahluk hidup.

Berikut adalah konsep yang akan kami lakukan dalam proyek kami :

  • Bumi yang kita tinggali semakin kering/tandus karena berkurangnya penghijauan
  • Berkurangnya O2/oksigen karena jarangnya ada bibit baru tanaman
  • Kadar CO2 semakin meningkat karena kendaraan roda empat yang banyak tetapi jumlah pohon yang sedikit sehingga terjadinya ketimpangan.

 

Pelaksanaan

Setelah kita melakukan Observasi dan menemukan tempat di Kelurahan Palmerah lebih tepatnya di depan SMK 13 Jakarta,Kami langsung  surat permohononan untuk meminta izin menanam,Setelah meminta izin kepada bapak lurah dan ibu sakira,Seminggu setelahnya kami langsung membeli 16 Pohon pucuk merah dan langsung melakukan penanaman.

 

Kita melakukan Perawatan setiap 2 hari sekali dan setiap  shift ada 2 orang dan pada hari jumat semua anggota berkumpul untuk melakukan perawatan bersama,kami sengaja membuat metode shift dikarenakan untuk menyesuaikan jadwal perkuliahan.

Saat perawatan kami menyiram pohon,melakukan bersih-bersih,menambahkan batu-batu hias untuk melindungi pohon supaya tetap subur,tidak rusak,dan terlihat indah.

 

Hasil

Setelah melakukan Penanaman dan perawatan kami bisa mengatakan bahwa lahan kosong didepan SMK 13 Jakarta yang tadinya gersang sekarang sudah tidak lagi gersang,dan daerah di sekitar SMK 13 pun menjadi enak dilihat dikarenakan banyak penghijauan.dan juga pihak dari SMK 13 pun juga sangat berterimakasih kepada kita karena sudah membantu menghijaukan lahan yang gersang.satpam dan pasukan Oranye pun mengatakan bahwa akan selalu menjaga dan merawat pohon yang kita tanam agar tidak rusak.

 

Kesimpulan

 

Dari lima pertemuan yang kami lakukan, kami dapat simpulkan bahwa pelestarian sangatlah diperlukan demi menjaga kehijauan di tanah Indonesia. Pelestarian ini tak hanya berlaku untuk menghilangkan Global Warming saja, melainkan juga demi memiliki lingkungan asri yang enak dipandang. Kami berharap agar pemerintah dapat melihat keresahan kami terhadap berkurangnya lahan hijau di daerah Jakarta, terutama di tempat kami mencari ilmu yakni Kelurahan Palmerah, Bina Nusantara dan sekitarnya.

 

Bukti Kegiatan

Diskusi Penanaman

Proses perijinan kepada bapak Lurah

Proses perijinan kepada ibu Sakira

Proses perijinan kepada Bapak Rw

Penyerahan kepada Pasukan oranye.

Proses penanaman

 

Pertemuan pertama selesai.

 


Perawatan pohon dari awal sampai akhir.

lembar absen

Video Kegiatan:

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.